Minggu, 10 Agustus 2014

Yuk Jangan Khawatir!

Haiii! Kangennn banget nge-blog! Aku kangen kaliaaannn!!
Well, kali ini kita bahas sesuatu yg selalu terjadi di kehidupan kita. Kali ini juga tipe tulisanku berubah jadi aku dan kamu, yaa sedikit formal. Yuk kita bahas yg serius satu ini ;)


Jika kamu pernah coba hal2 yg baru terus kamu gagal, aku yakin tulisan aku ini berguna buat kamu dibanding dengan mereka yg merasa semuanya lancar2 aja.
Orang2 yg seperti mereka itu menurut aku gak pernah coba sesuatu hal yg baru. Tapi, kamu adalah orang2 yg berbeda. Karena kamu membaca blog aku ini, yg berarti kamu ingin merubah kehidupan kamu jadi lebih baik dari yg saat ini. Kamu ingin mencari
hal baru yg dapat kamu terapkan dalam hidup kamu.
Kamu punya semangat dan kamu juga pasti punya pengalaman hidup yg luar biasa. Mungkin, udah banyak banget kegagalan yg kamu rasakan dan mungkin sebagian dari kamu udah sampai di taraf ragu akan keyakinan kamu sendiri untuk meraih apa yg kamu inginkan. Aku mampu gak ya? Berhasil gak ya? Sepertinya aku gak sanggup lagi menghadapi kegagalan.
Yg dibawah ini ada beberapa point tentang kegagalan yg inging aku share ke kamu. Mudah2an bisa jadi sesuatu yg bermanfaat buat kamu ;)

  1. Kegagalan melahirkan pilihan2 yg baru
    Kegagalan jadi momen yg tepat dimana kamu merenungkan kembali tujuan awal kamu, melihat sekeliling dan memutuskan alasan mengapa kamu gak boleh menyerah.
    Bagian yg paling baik dari sebuah kegagalan adalah kamu akan dibawa ke sebuah jalan yg belum pernah kamu temukan sebelumnya.
    Pintu baru akan terbuka, hubungan kamu dengan beberapa orang mungkin akan bertambah kuat, sebaliknya mungkin juga hubungan kalian dengan beberapa orang lain jadi renggang karena kalian gagal.
  2. Kegagalan melatih kesabaran kalian
    Kalau kalian adalah orang yg cepat emosi, apalagi ketika kamu mengalami kegagalan, itu satu hal yg alamiah. Aku rasa hampir semua orang merasakan kekesalan/kemarahan ketika menghadapi kegagalan. Tapi point yg pentingnya adalah jangan memendam kekesalan/kemarahan kamu.
    Point kedua adalah jangan berusaha mencari hal2 untuk dijadikan alasan kegagalan kamu. Sekali kamu menjadikan hal2 tersebut sebagai alasan kegagalan kamu, maka itu akan menjadi bagian dalam diri kamu. Silahkan lampiaskan emosi kamu, tentunya dalam batas2 wajar. Mungkin kamu ingin melampiaskannya dengan menangis, dengar life music, dsb. Namun cukup sampai disitu. Masa depan yg sangat cerah masih menanti kamu. Bangkit dan bersemangatlah kembali.
  3. Kegagalan merupakan sumber dari kreatifitas
    Siapa yg menghendaki kegagalan? Namun kalau kamu tidak pernah berharap untuk mengalami kegagalan maka pikian kamu gak dirangsang untuk berkembang. Gagal akan mendorong kalian menjadi lebih kreatif.Coba kamu ingat2 lagi masa kecil kamu. Kalau kamu lupa, kamu bisa lihat anak2 kecil disekitar kamu. Mereka gak pernah takut berbuat salah/mengalami kegagalan. Mereka melakukan semua hal yg ingin mereka lakukan tanpa berpikir panjang resikonya. Kadang mereka jatuh tapi dalam sekejap merek bangkit dan berlari2 lagi. Terkadang mereka menemukan jalan buntu ketika melakukan sebuah permainan namun mereka gak berhenti, mereka berusaha mencari solusi2 yg baru. Akibatnya pikiran mereka begitu kreatif. Kita semua bisa mencontoh pikiran murni mereka yg belum banyak terkontaminasi oleh lingkungan sekitarnya.
  4. Kegagalan akan mengoptimalkan potensi kamu
    Mungkin kamu mempunyai seorang 'guru' dalam hidup kamu. aku percaya bahwa 'guru' yg baik akan mengarahkan kamu untuk berani ambil resiko. Mereka punya suatu keyakinan bahwa pikiran yg konservatif gak akan membuat potensi diri keluar dengan optimal. Semakin sering kamu mengalami kegagalan, otak kamu akan semakin dilatih untuk menghadapi permasalahan dan bagaimana mencarijalan keluarnya. Aku menyakini bahwa setiap orang punya potensi diri yg sangat besar dengan keunikannya masing2. Kamu dapat mengetahui kedahsyatan potensi yg kamu miliki hanya dengan keberanian menghadapi masalah, tidak ada jalan lain.
  5. Kamu memperoleh kekuatan dengan mengalami kemalangan
    Bersyukurlah kalau kamu mengalami kegagalan atau kemalangan. Karena dengan kegagalan kamu sedang disiapkan untuk meraih kesuksesan yg lebih besar. Kamu akan ditempa untuk menjadi lebih kuat dari sebelumnya.
Jika kamu seringkali mengalami kegagalan dan merasa jauh sekali dari kesuksesan yg kamu impikan, bukan berarti kamu tidak mengalami perkembangan. Justru kamu sedang mengalami pertumbuhan yg luar biasa di dalam diri kamu. Mental kamu sedang ditempa dan dipersiapkan menuju kesuksesan kamu.
Jika kamu hanya mengharapkan sebuah hasil yang instan, apapun itu, nasib kamu akan seperti pohon bambu yg tidak memiliki akar yg kuat. Sedikit goncangan saja, kamu akan jatuh begitu kerasnya.
Jadi sekali lagi bersyukurlah dengan segala kemalangan dan kegagalan kamu, kamu akan memperoleh kekuatan karenanya ;)